Rabu, 10 Desember 2014

PENGAMBIL HP

Catatan: 
Bahwa cerita ini dimaksudkan sebagai soal untuk menguji kemampuan penggalang dalam memecahkan masalah dengan cara menganalisa data yang ditemukan!

PENGAMBIL HP
Ketika kegiatan Persami, pada saat malam hari ternyata telah terjadi peristiwa, seorang siswa kehilangan HP. 
Beberapa siswa pun diwawancarai oleh Pembinanya.
Seorang siswa memberi keterangan demikian:
“Bukan saya yang mengambilnya, Kak!” jawab Blendhos dengan tegas.

“Baiklah. Tapi tadi malam kamu kemana? Padahal harusnya kamu ikut kegiatan api unggun. Pulang ke tenda jam berapa?”
“Saya pergi membeli wedang jahe, jam delapan! Pulang ke tenda jam sembilan malam!”
“Berarti jam sembilan malam kamu sendirian di tenda. Apakah ada yang kau perhatikan?”
“Ada, Kak!” jawab Blendhos sambil bola matanya berputar “Ketika saya sampai di depan tenda saya melihat ada bayangan meninggalkan tenda, Kak!”
“Seperti apa bayangan yang kamu lihat?”
“Iya, Kak! Dari jauh saya dapat melihatnya. Dia seorang laki-laki, badannya agak besar, berkulit hitam, bertatto gambar naga, bajunya totol-totol biru!” penjelasan Blendhos dengan penuh semangat.

Meyakinkan!
Pembinanya mengangguk-anggukkan kepala.
“Terimakasih. Kamu telah menolong saya untuk menangkap pengambil HP temanmu!”
“Ya, Kak. Sama-sama!”
“Tapi kamu, tidak melihatnya dengan jelas kan karena suasana tenda kita kan kurang penerangan jadi agak gelap!”
“Iya, Kak! Memang kurang penerangan. Keadaan jadi agak gelap dan semuanya tampak hitam!”
“Dia seorang laki-laki, badannya agak besar, berkulit hitam, bertatto gambar naga, bajunya totol-totol biru!” kata Pembina mengulang ciri-ciri pengambil HP.
“Betul, Kak! Saya yakin dialah pengambilnya” jawab Blendhos dengan mantap.
Tidak lama kemudian Sang Pembina mengambil kesimpulan bahwa Si Blendhos sendirilah pengambilnya.
Blendhos pun tidak bisa mengelak.
Blendhos yang mengambil HP temannya.

===
Analisa dan bahaslah ceritera di atas! 
Mengapa Sang Pembina mencurigai dan bisa menebak bahwa Si Blendhos yang mengambil HP temannya itu!


1 komentar:

  1. tolong jelasin dong kak... gimana pembina bisa tau kalo blendhos yang mengambil HP temannya

    BalasHapus